Tidak hanya Kuta atau Ubud, Bali juga mempunyai Gunung Agung yang memesona. Gunung yang diagungkan oleh masyarakat Bali ini juga menjadi tempat favorit bagi para pendaki. Jika ingin ke sana, ingatlah 4 hal ini.

 

                                                                                                      puncak gunung agung Bali

 

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Bali. Tingginya yang mencapai 3.142 mdpl ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

berikut 4 hal penting yang harus Anda ingat saat hendak mendaki Gunung Agung:

1. Jangan membawa makanan atau minuman yang berupa olahan sapi

Sapi merupakan hewan yang disakralkan oleh masyarakat Hindu di Bali. Menurut kepercayaan Hindu, sapi dipercaya memberikan kesejahteraan hidup bagi seluruh mahluk dan mereka pun pantang mengkonsumsi sapi.

Untuk itu, janganlah Anda membawa makanan berupa daging sapi atau yang sejenisnya saat mendaki Gunung Agung. Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan toleransi Anda kepada masyarakat sekitar.

2. Perhatikan cuaca

Cuaca menjadi hal penting dalam mendaki Gunung Agung untuk keselamatan. Urungkan niat Anda untuk mendaki gunung ini saat musim hujan. Saat musim hujan, cuaca di puncak Gunung Agung bisa berubah-ubah dan berbahaya. Suhunya bisa mencapai 10 derajat celcius dan jalanannya sangat licin. Mempersapkan diri dengan jaket, baju hangat, dan perlengkapan yang lengkap akan sangat membantu Anda, jika terjebak hujan saat mendaki.

3. Perbekalan yang cukup

Perbekalan yang dimaksud adalah makanan dan air. Dari Pura Besakihdibutuhkan waktu 7-10 jam untuk menuju puncak Gunung Agung. Total waktu yang dibutuhkan untuk naik-turun Gunung Agung bisa mencapai 15-20 jam. Oleh sebab itu, perbekalan yang cukup akan sangat membantu Anda dalam mendaki. Di Gunung Agung tidak terlalu banyak mata air, beberapa mata air pun tidak boleh diambil karena dianggap suci oleh masyarakat setempat.

4. Jangan mendaki saat ada upacara keagamaan

Di Gunung Agung terdapat 2 pura sebagai tempat ibadah masyarakat setempat, yaitu Pura Besakih dan Pura Pasar Agung. Jika kedua pura ini sedang melakukan upacara keagamaan, maka para pendaki sebaiknya tidak melakukan pendakian. Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan dan toleransi bagi masyarakat setempat. Ada baiknya sebelum Anda mendaki, bertanya terlebih dahulu kepada pemandu atau masyarakat setempat tentang waktu upacara keagamaan.

4 Hal di atas merupakan hal yang yang harus Anda ingat saat hendak mendaki Gunung Agung. Selain itu, perhatikan juga hal-hal dasar dalam mendaki gunung untuk mendapatkan pendakian yang menyenangkan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s