Memang kebanyakkan para pendaki gunung tersesat di gunung dengan tidak sengaja, sehingga para pendaki gunung yang ingin merencanakan pendakian dengan team harus dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya kesehatan juga yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian tapi juga materi yang cukup, misalnya anda tahu desa-desa terdekat di kaki gunung yang anda daki tersebut dan lain-lain.
Namun, jika anda dan beberapa orang mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti tersesat di gunung, ada beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Tersesat Di Gunung, Berikut hal-halnya:
1. Mencari Tempat Berlindung Sementara
Yang ini pasti anda mengerti maksudnya, bukan? Ya, mencari tempat berlindung untuk sementara saja ketika anda baru saja tersesat dari team anda. Ini sangat dibutuhkan ketika anda sedang mengalami tersesat di gunung. Misalnya cari dedaunan yang cukup besar sebanyak-banyaknya dan ambil peralatan yang anda bawa didalam ransel anda. Ingat! tempat perlindungan anda juga harus bebas dari air hujan, artinya tempat anda ketika hujan datang tidak merembes dari langit-langit.
Setelah anda sudah membuatnya, jangan lupa! Jika anda berencana ingin pergi keluar, berilah disekitar tempat berlindungan tanda khusus supaya anda bisa mengenali tempat berlindung ada tersebut.
2. Buat Sebuah Api Unggun
Hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan kehangatan anda, membakar sesuatu seperti makanan dan menghindari anda dari binatang liar. Buatlah sebuah api unggun didekat tempat perlindungan anda, caranya cari kayu sebanyak-banyaknya. Kalau sudah mendapat kayu yang begitu banyak, taruh disekitar tempat perlindungan anda dan ingat ketika malam sudah datang barulah api unggun dinyalakan. Dan pastikan anda membawa korek diransel anda.
3. Manfaatkan Peralatan Yang Anda Bawa dan Pengetahuan Anda
Bila anda membawa barang yang sangat berguna seperti Kompas, Peta dan lain-lain, gunakanlah sebaik-baiknya sebab dengan alat tersebut kita akan tahu dimana kita dan kemana arah kita. Dan gunakan pengetahuan anda, misalnya lihatlah Matahari bila matahari ingin terbenam, maka ke arah matahari terbenam itulah sebelah barat, kan kita tahu matahari kalau terbenamnya ke sebelah barat. Dan misalnya kita tersesat di gunung Ciremai, pergilah ke puncak tebing/bukit untuk melihat sekeliling apakah ada sebuah laut Jawa, kalau kelihatan Maka itulah sebelah Utara.
4. Mencari Sumber Daya Alam Sekitar
Kalau anda sudah merasa haus, carilah berkeliling mencari sumber air (kan biasanya digunung itu mudah dijumpai sungai kecil). Kalau sudah ketemu masukkan air tersebut kedalam botol dan memasaknya (jika tidak, tidak apa-apa kok).

5. Menunggu tim SAR Datang atau Pergi Sendiri Turun Gunung Untuk Cari Bantuan
Hal ini adalah cara yang keterakhir ketika anda sedang tersesat digunung, Tunggulah tim SAR datang mencari anda sampai berhasil menemukan anda, atau anda berusaha pergi sendiri turun gunung untuk mencari bantuan sendiri.
Sebelum melakukan hal tersebut, pikirlah dengan matang rencana anda sebelum memutuskan rencana anda untuk menunggu tim SAR atau pergi sendiri turun gunung untuk mencari bantuan. Sebab, setiap rencana anda yang seperti diatas mempunyai kerugiannya tersendiri, seperti bila anda ingin menunggu tim SAR datang kita tidak tahu kapan tim SAR mulai melakukan pencarian dan pemberhentian pencarian, dan bila anda melakukan keputusan untuk pergi turun gunung untuk mencari bantuan maka hati-hatilah bila anda tidak dibekali dengan peralatan yang bermanfaat seperti kompas dan lain-lain maka janganlah mencoba untuk melakukan rencana ini, sebab maka akan semakin mempersulitkan anda saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s