Gunung kilimanjaro adalah gunung yang sangat eksotis.Gunung ini berada di benua afrika yang persisnya terletak di negara Tanzania dekat perbatasan kenya.Setiap tahunnya para wisatawan datang ke Tanzania untuk melihat keindahan puncaknya yang seringkali di tutupi salju.Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di benua afrika dengan ketinggian kira-kira 5900 meter.
Ada beberapa sebutan yang di buat masyarakat sekitar mengenai gunung kilimanjaro ini.Ada yang menyebut “Gunung yang sangat besar” adapula yang menyebut kilimanjaro yaitu gunung kafilah.Sebutan gunung kafilah muncul karena gunung kilimanjaro seperti mercu suar putih yang menyala yang dulunya bisa menuntun para kafilah melintasi pedalaman afrika yang di ketahui memiliki medan yang cukup sulit.
Gunung kilimanjaro bukanlah gunung biasa.Selain unik gunung ini ternyata sangat mengesankan, karena terdiri dari 3 puncak vulkanis.Kibo( Uhuru ) adalah puncak vulkanis yang pertama dan Mawenzi adalah puncak vulkanis kedua.Puncak Shira adalah puncak yang ketiga.Ketiga puncak ini menjulang tinggi di daerah Tanzania dan merupakan simbol dan kebanggaan bagi masyarakat sekitar.
Bila telah berada di bagian puncak, ada beberapa hal luar biasa yang ditemukan maupun dapat di rasakan.Udara yang bersih dan dingin,gletser dan lapisan es yang luas dan berwarna putih bersih, kontras yang indah dengan daerah gunung yang gelap. Udaranya tipis dan mengandung kira-kira setengah kadar oksigen pada ketinggian permukaan laut.
Ukuran dan massa Gunung Kilimanjaro yang sangat besar memungkinkannya menciptakan iklimnya sendiri. Angin basah, yang bertiup dari Samudra Hindia melewati dataran rendah yang semikering, menabrak Kilimanjaro dan berbelok ke atas sehingga kemudian mengalami kondensasi dan menghasilkan curah hujan.Sehingga ini memungkinkan masyarakat sekitar bercocok tanam karena tanah yang subur.Salah satu hasil alam yang terkenal di Tanzania adalah palawija

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s